Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 7, No 1 (2023)

Analisis Persepsi dan Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Daring dan Tatap Muka

Yetty Hastiana (Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang)
Astrid Sri Wahyuni Sumah (Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang)
Rasyid Oki Pramono (Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap Platform pembelajaran daring dan tatap muka serta menganalisis pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran biologi antara yang menggunakan Platform pembelajaran daring dan tatap muka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data yang terdiri dari teknik wawancara, observasi, kuisioner, tes serta dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji triangulasi data dan kemudian dilakukan proses reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan, bahwa Platform pembelajaran daring menuntut siswa dan guru untuk menggunakan teknologi tetapi masih terdapat kendala seperti interaksi yang terbatas begitupun pembelajaran tatap muka yang sudah lebih baik dalam mengatasi permasalahan karena pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya guru dan untuk hasil belajar selama pembelajaran daring nilai siswa yang di atas KKM berkisar 33% sedangkan pembelajaran tatap muka mengalami peningkatan berkisar 75% yang di atas KKM .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...