JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK)
Vol 7, No 1 (2023)

Pengenalan dan Pemanfaatan Ilmu Coding untuk Melatih Kemampuan Berpikir bagi Guru dan Peserta Didik

M. Nishom (Politeknik Harapan Bersama)
Ginanjar Wiro Sasmito (Politeknik Harapan Bersama)
Dega Surono Wibowo (Politeknik Harapan Bersama)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Kemampuan bepikir yang baik merupakan salah satu aspek atau kompetensi penting yang harus dimiliki oleh setiap insan untuk bersiap dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. Banyak cara yang dapat digunakan untuk melatih cara berpikir, salah satunya adalah dengan belajar ilmu coding. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengenalkan ilmu coding pada peserta didik dan guru sebagai alternatif untuk melatih kemampuan berpikir mereka. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan menggunakan dua metode, yaitu discovery learning untuk mengajak para peseta didik dan guru dalam menggunakan logika dan algoritma guna menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur dan sistematis serta cooperative learning untuk melatih kerja sama dan interaksi antar-peserta didik selama melakukan pengodean dan pembuatan aplikasi. Hasil yang didapatkan oleh peserta dari pengabdian ini adalah mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dalam melatih cara berpikir melalui belajar ilmu coding. Kegiatan ini juga mendapatkan respons positif dari mayoritas peserta kegiatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpp-iptek

Publisher

Subject

Other

Description

JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), diterbitkan secara daring (online), setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan November oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ini memuat publikasi hasil pengabdian, pemberdayaan, serta ...