EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Penggunaan Media Gambar Berbasis Android dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar

Mitrakasih La Ode Onde (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Eka Rosmitha Sari (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Hijrawatil Aswat (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Fitriani B (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Ikrawati Asrif Azimin (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Pada pembelajaran tematik sebagai strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran, dengan merancang topik-topik tertentu untuk memudahkan proses pembelajaran siswa, dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat ini sudah sangat berkembang, salah satunya pengembangan media pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran terus mengalami inovasi, terlebih lagi selama dunia Pendidikan didekatkan dengan akses tekhnologi, sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengaplikasikan penggunaan media gambar berbasis android dalam pembelajaran tematik terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas atau respon siswa terhadap pembelajaran, dan lembar tes untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang ditandai dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan rerata peningkatan pada aktivitas tanya jawab mencapai 88,89%, antusias mengikuti kegiatan pembelajaran dengan jumlah antusiasme mencapai 88,89%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran baik dalam kegiatan bertanya, menjawab, berdiskusi, hingga merangkum pembelajaran mengalami peningkatan setiap siklus dan mencapai 100%. Sehingga hal ini pula berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa pada setiap akhir pembelajaran dari siklus I hingga siklus II menunjukkan peningkatan yang berdasarkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa, demikian pula jumlah ketuntasan hasil belajar tematik siswa yang mencapai ketuntasan klasikal 85,18%, sehingga pembelajaran dianggap berhasil karena dapat menumbuhkan aktivitas positif siswa, pemahaman siswa terhadap materinya, dan kemampuan siswa mengingat materi pelajarannya, yang berdampak pada hasil belajar siswa memenuhi standar KKM

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...