Jurnal Akuntansi dan Kewirausahaan West Science
Vol 1 No 01 (2022): Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science

Pengaruh Struktur Aktiva Dan Risiko Bisnis Pada Struktur Modal Dengan Growth Opportunity Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Asuransi Listed Bei Periode 2016-2020)

Eneng Rina (a:1:{s:5:"id_ID"
s:22:"Universitas Nusa Putra"
})

Taofik M Gumelar (Universitas Nusa Putra)
Elin Paulina (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Struktur modal ialah proporsi dana internal & eksternal untuk mencukupi kebutuhan pendanaan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva dan risiko bisnis terhadap struktur modal dengan growth opportunity sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI dengan periode pengamatan 2016-2020, pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 50 sampel yang diperoleh dari 10 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderate dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur Aktiva tidak berpengaruh positif terhadap Struktur Modal, sedangkan Risiko Bisnis berpengaruh negatif terhadap Struktur Modal. Growth Opportunity mampu memoderasi pengaruh Struktur Aktiva terhadap Stuktur Modal, tetapi tidak mampu memoderasi pengaruh Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jakws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat ...