Jurnal Akuntansi dan Kewirausahaan West Science
Vol 2 No 01 (2023): Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2019 )

Septiana Hutami Puspita Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Suyatmin Waskito Adi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tax avoidance adalah upaya dalam perpajakan yang dilakukan secara legal dengan memanfaatkan beberapa celah yang terdapat dalam peraturan perpajakan yang ada untuk menghindari pembayaran pajak atau melakukan transaksi yang tidak memiliki tujuan selain untuk menghindari pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh corporate governance, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur di BEI periode 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 188 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 564 perusahaan sebagai sampel penelitian selama tiga tahun pengamatan (2017-2019). Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan leverage berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Komisaris independen, komite audit, kualitas audit, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jakws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat ...