Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Vol 2 No 02 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science

Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi ada UMKM di Jawa Barat)

Dhety Chusumastuti (Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta)
Agung Zulfikri (Universitas Telkom)
Arief Yanto Rukmana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pemasaran digital dan kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Barat, Indonesia. Sebuah survei dilakukan terhadap 385 pemilik UMKM, dan data dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pemasaran digital dan kompetensi kewirausahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, kompetensi pemasaran digital memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap kinerja pemasaran daripada kompetensi kewirausahaan. Temuan ini menunjukkan bahwa UMKM di Jawa Barat perlu fokus pada pengembangan kompetensi pemasaran digital dan kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja pemasaran mereka. Studi ini memiliki implikasi bagi pemilik UMKM, pembuat kebijakan, dan peneliti, serta menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut di bidang ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbmws

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science ...