Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Vol 2 No 02 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science

Menguji Hubungan Antara Strategi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan, Keterlibatan Karyawan Terhadap Profitabilitas UMKM Kuliner di Kota Bandung

Dwi Wahyono (STIE Panca Bhakti Palu)
Supriandi Supriandi (Universitas Nusaputra)
Devid Ruung Pontoan (Universitas Samratulangi, Manado, Sulawesi Utara)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh strategi pemasaran, loyalitas pelanggan, dan keterlibatan karyawan terhadap kinerja usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam industri kuliner di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner survei yang didistribusikan kepada sampel purposif UMKM yang beroperasi di industri kuliner. Statistik deskriptif dan regresi berganda digunakan untuk menilai pengaruh gabungan terhadap kinerja UMKM. Temuan menunjukkan bahwa strategi pemasaran, loyalitas pelanggan, dan keterlibatan karyawan secara signifikan mempengaruhi kinerja UMKM. Strategi pemasaran yang efektif, loyalitas pelanggan yang tinggi, dan keterlibatan karyawan dikaitkan dengan hasil kinerja yang lebih baik. Hasil penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM di industri kuliner dan memberikan wawasan praktis bagi UMKM dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan daya saing mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbmws

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science ...