Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 8, No 1 (2023): PEKOBIS

Analisis Penerapan Concept Attainment Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di Era Covid-19

Udik Yudiono (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Riril Mardiana Firdaus (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Pada kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi, terdapat mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral yang dirancang agar mahasiswa dapat memahami kondisi perekonomian Indonesia serta memberikan rekomendasi solusi permasalahan ekonomi dengan mengkaitkan analisis konsep dan teori. Akan tetapi, pembelajaran blended learning yang diterapkan pada mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di era Covid-19, belum mampu mencapai indikator capaian mata kuliah yang telah ditetapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan model pembelajaran Concept Attainment terhadap keterampilan berfikir kritis mahasiswa pada pembelajaran blended learning  mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain posttest only control design dengan melibatkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Concept Attainment berpengaruh tehadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam materi Kebijakan Inflasi dan Nilai Tukar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...