Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 6, No 1 (2023)

PERBANDINGAN KUALITAS LABA PERUSAHAAN ANTARA PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI DOMESTIK DENGAN STANDAR AKUNTANSI INTERNASIONAL (Studi Pada PT Astra Internasional Tbk Tahun 2017-2022 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia BEI)

Yeni Pradila Yeni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Dita Maulia Ahmad Dita (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rapika Br Girsang Rapika (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ibnu Hibban Harahap Ibnu (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Riza Ashadi Riza (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Hastuti Olivia Olivia (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Standar Akuntansi Internasional bertujuan untuk meningkatkan komparabilitas/perbandingan laporan keuangan yang ada di dunia. Standar Akuntansi Internasional juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas informasi akuntansi yang diumumkan oleh perusahaan. Penelitian ini menguji perubahan kualitas informasi laba antara standar akuntansi domestik dan standar akuntansi internasional. Perubahan kualitas laba ditentukan dengan menggunakan ERC (Earning Response Coefficient). ERC yang digunakan dalam penelitian ini adalah ERC dengan Return Model. Koefisien dalam model regresi yang digunakan untuk menghitung ERC dengan standar akuntansi domestik dibandingkan dengan standar akuntansi internasional.Cara tersebut digunakan untuk mengevaluasi kegunaan standar akuntansi internasional. Berdasarkan pengumpulan data pada PT Astra Internasional Tbk yang digunakan dalam penelitian ini. Kami mendapatkan hasil bahwa R Squared (koefisien determinasi) meningkat pada perusahaan setelah menerapkan standar internasional. R Squared yang dihasilkan dari penggunaan standar internasional (0,510) lebih tinggi dari R Squared yang dihasilkan dari penggunaan standar Domestik (0,191). Artinya hasil menunjukkan bahwa menurut standar internasional respon pengumuman laba lebih tinggi terhadap peningkatan capital gain. Sayangnya, koefisien regresi naik menurut standar internasional dari -0,950 menjadi -1,446 tetapi tingkat signifikansinya menurun, dan masih tidak signifikan.R Squared yang dihasilkan dari penggunaan standar internasional (0,510) lebih tinggi dari R Squared yang dihasilkan dari penggunaan standar Domestik (0,191). Artinya hasil menunjukkan bahwa menurut standar internasional respon pengumuman laba lebih tinggi terhadap peningkatan capital gain. Sayangnya, koefisien regresi naik menurut standar internasional dari -0,950 menjadi -1,446 tetapi tingkat signifikansinya menurun, dan masih tidak signifikan. R Squared yang dihasilkan dari penggunaan standar internasional (0,510) lebih tinggi dari R Squared yang dihasilkan dari penggunaan standar Domestik (0,191). Artinya hasil menunjukkan bahwa menurut standar internasional respon pengumuman laba lebih tinggi terhadap peningkatan capital gain.Sayangnya, koefisien regresi naik menurut standar internasional dari -0,950 menjadi -1,446 tetapi tingkat signifikansinya menurun, dan masih tidak signifikan. Kata Kunci: Standar Akuntansi Domestik, Standar Akuntansi Internasional, Kualitas Laba, ERC, Koefisien Model Regresi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...