Penelitian ini bertujuan memahami faktor-faktor kesulitan membaca siswa berkebutuhan khusus, mengevaluasi kemampuan membaca mereka, dan menguji efektivitas penggunaan media buku digital dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif desain studi kasus, dan subjek penelitian adalah seorang peserta didik berinisial MP dengan kesulitan membaca. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan analisis penelitian menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MP memiliki kesulitan dalam menghubungkan huruf pada kata, membedakan bunyi huruf tertentu, dan mengingat bacaan. Melalui bimbingan membacakan nyaring dengan media buku digital, kemampuan MP dalam membaca berhasil meningkat dengan mengenal bunyi huruf gabungan konsonan dan diftong. Faktor penyebab kesulitannya antara lain: genetik, neurologis, intelektual, psikologis, serta minat. Meskipun demikian, motivasi siswa, guru, dan orang sekitarnya mendukung MP dalam menyelesaikan tugasnya. Dengan demikian, penggunaan media buku digital dalam bimbingan membaca nyaring dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dengan kebutuhan khusus.
Copyrights © 2023