Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Vol 8, No 1 (2023): April

Pengaruh Likuiditas, Rasio Aktivitas, Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019)

Redy Pernyata (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)
Sri Mintarti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, rasio aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham pada perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 7 perusahaan yang menjadi sampel penelitian dengan tahun 2014 hingga 2019 digunakan sebagai periode penelitian sehingga diperoleh 42 jumlah data penelitian. Dengan metode analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan alat analisis statistik yaitu SPSS (Statistical Package for the Social Sciences), hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2) Rasio aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 3) Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is a scientific journal in the field of Accounting Science published four times a year (in Apr, June, Sept & Nov). Faculty of Economics and Business Mulawarman ...