Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik elisitasi dalam meningkatkan prestasi berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA HKBP Swasta HKBP Sidorame, Jalan Dorowati Lorong gereja No.35 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun pelajaran 2022/2023. Ada 2 kelas yang terdiri dari 14 siswa. Sampel terdiri dari 28 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelas, kelompok eksperimen yang terdiri dari 14 siswa (XI IPA) diajar dengan menggunakan teknik elisitasi dan kelompok kontrol yang terdiri dari 14 siswa (XI IPS) dengan menggunakan teknik guru. Instrumen pengumpulan data adalah tes berbicara. Setiap kelompok diberikan pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-test (3,018) lebih tinggi dari t-table (2,056) dan derajat kebebasan (df) adalah 26. Hipotesis akhir menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari teknik elisitasi dalam meningkatkan prestasi berbicara siswa
Copyrights © 2023