Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 1 (2023): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENGARUH PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 03 SINTANG

Rachmi Afriani (Universitas Kapuas)
Rinda Tasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (PBI) disertai metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada sub materi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 03 Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eskperimen dengan desain penelitian Non-Equuivalent Control Gruop Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran dengan menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar dan teknik dokumentasi berupa nilai foto dan serangakaian kegiatan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t (independent sample t-test). Berdasarkan hasil uji t di peroleh nilai thitung  ˃ ttabel 3,006 ˃ 1,680, sehinga H0 ditolak H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran (PBI) disertai metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada sub materi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 03 Sintang. Besarnya pengaruh PBI disertai Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa  sebesar 1,35 dengan kriteria besar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...