Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kolaboratif pada siswa kelas X-2 Mata Pelajaran Ekonomi tentang alat pembayaran tunai dan non tunai di SMA Negeri 1 Baureno. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X-2 di SMA Negeri 1 Baureno yang berjumlah 35 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar ekonomi. Teknik pengumpulan data mengguakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana yang berupa persentase hasil belajar ekonomi antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi materi alat pembayaran tunai dan non tunai. Pada Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (65,71%) dan yang belum tuntas sebanyak 12 siswa (34,29%). Sedangkan pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa (88,57%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (11,43%). Jadi, setelah diadakan Siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 22,86%.
Copyrights © 2023