Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Menengah Atas

Haris Firmansyah (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendidikan multikultural di sekolah menengah atas. Penelitian ini bahwa betapa pentingnya pendidikan multikultural untuk diterapkan di sekolah-sekolah terutama sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan penelitian kepustakaan. Untuk menguji keakuratan data yang terkumpul, peneliti melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan multikulturalisme pendidikan maka kurikulum, model pembelajaran, suasana sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan peran guru harus multikultural. Penilaian isi, pendekatan dan kurikulum harus menghargai perbedaan dan tidak diskriminatif. Sekolah harus memilih isi dan bahan ajar yang benar-benar menekankan penghargaan dan penghormatan terhadap budaya dan nilai-nilai lain. Guru harus mengatur dan mengelola konten sekolah, proses, hingga kegiatan lintas budaya. Mungkin upaya untuk menghargai budaya lain juga dapat menekankan pentingnya pedagogis mempelajari bahasa suku lain dan memotivasi pada siswa sejak awal memahami orang dari etnis lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...