Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan cagar budaya di sepanjang DAS Batanghari dan potensinya sebagai sumber pembelajaran sejarah.bPeneliti menggunakan metode atau pendekatan studi pustaka (Librari Research) dalam penelitian ini. Teknik studi pustaka yaitu mengkaji teori-teori dari berbagai sumber bacaan ilmiah atau yang lain terkait dengan apa yang menjadi bahasan penelitian sesuai dengan situasi yang berkembang. Sungai Batanghari di Indonesia memiliki sejarah dan warisan budaya yang kaya dan dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran bagi siswa. Memasukkan sejarah lokal ke dalam kurikulum dapat membantu siswa mengembangkan cara berpikir sistematis untuk memahami sejarah dan mentransmisikan kebijaksanaan lokal. Memahami masa lalu penting untuk masa kini dan masa depan, dan sejarah harus diajarkan jika berguna. Pembelajaran sejarah juga dapat merangsang kreativitas dan imajinasi, dan membantu individu mengembangkan potensi mereka. Memasukkan sejarah lokal ke dalam kelas sejarah dapat membantu siswa mengembangkan pemikiran sistematis dalam memahami sejarah dan mentransmisikan nilai-nilai kebijaksanaan lokal. Memanfaatkan situs sejarah di lingkungan untuk pembelajaran juga dapat memberikan pengalaman kepada siswa dan rasa tanggung jawab untuk melestarikan warisan lokal mereka. Penting untuk mengeksplorasi dan melestarikan situs sejarah sebagai bagian dari memori dan identitas kolektif.
Copyrights © 2023