Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil pembelajaran Tari Buchaechum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (One-Group Pretest-Postest Design). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X DKV B SMK Negeri 9 Banyuasin. Sampel diambil berdasarkan kriteria yang digunakan peneliti maka pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas X DKV B sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes untuk kerja yaitu pelaksanan pretest dan postest dan pengumpulan data sebagai pendukung yaitu dengan dokumentasi. berdasarkan hasil analisis data tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai peserta didik pada pelaksanaan postest lebih besar dari pada hasil nilai peserta didik pada pelaksanaan pretest. Pada hasil analisis normalitas data dengan menggunakan uji-t didapatkan bahwa Ho diterima jika thitung ≤ ttabel sedangkan thitung (7,10) dan ttabel (2,00) , dilihat dari hasil ttabel dan thitung yaitu 7,10 ≤ 2,00 maka dapat di katakan berpengaruh karena Ho ditolak dan Ha ada pengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) terhadap nilai hasil pembelajaran Tari Buchaechum di kelas X DKV B SMK Negeri 9 Banyuasin.
Copyrights © 2023