Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Tindak Tutur Imperatif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kabupaten Buru

Harziko Harziko (Universitas Iqra Buru)
Yulismayanti Yulismayanti (Universitas Iqra Buru)
Musriani Musriani (Universitas Iqra Buru)
Taufik Taufik (Universitas Iqra Buru)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji tindak tutur imperatif guru dalam proses belajar mengajar SMA Negeri 1 Namlea Kab. Buru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang menunjukkan bentuk dan makna tindak tutur imperatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Selanjutnya dianalisis dengan mentranskrip data rekaman ke dalam bentuk tulisan, mengklasifikasikan bentuk dan makna tindak tutur imperatif berdasarkan penanda kesantunan yang digunakan, data disajikann dalam bentuk deskripsi kualitatif sebagaimana adanya. Aspek yang diteliti mencakup bentuk tindak tutur imperatif, dan makna tindak tutur imperatif yang digunakan oleh guru. Guru dalam berkomunikasi dengan siswa sering kali menggunakan kalimat yang bermakna imperatif baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung.. Hasil dari penelitian ini berupa makna dan bentuk tindak tutur imperatif guru di SMA Negeri 1 Namlea Kab. Buru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...