Accounting Accountability and Organization System (AAOS) Journal
Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi Maret

Integritas Auditor Berbasis “Malempu Na Mapaccing” Dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan Sebagai Upaya Mencegah Kecurangan (Studi Pada Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan)

Susanti Evi Sulpi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Wawo (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Puspita H. Anwar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Kecurangan merupakan salah satu tindak kriminal yang sering terjadi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kecurangan ini bukan faktor kekeliruan akan tetapi adanya faktor pendorong sehingga seseorang dapat melakukan kecurangan tersebut, jadi untuk menghindari terjadinya suatu kecurangan atau untuk mencegah terjadinya kecurangan dibutuhkan sikap integritas. Tujuan dari penelitian ini yaitu dengan diterapkannya integritas auditor berbasis “malempu na mapaccing” dalam pemeriksaan laporan keuangan sebagai upaya mencegah kecurangan di BPKP Perwakilan Sulawesi Selatan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecurangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Informan merupakan auditor BPKP berjumlah 2 informan yaitu Auditor Madyah dan Auditor Muda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan integritas auditor berbasis “malempu na mapaccing” dalam pemeriksaan laporan keuangan sebagai upaya mencegah kecurangan sangatlah efektif dan sangat penting, karena dengan adanya sikap integritas yang dimiliki oleh seorang auditor dapat mencegah terjadinya suatu kecurangan dan dengan diterapkannya budaya malempu na mapaccing dapat membuat seseorang sadar untuk senantiasa jujur dan bersih dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecurangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aaos

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal is an accounting and management journal that focuses on accounting studies covering several areas of study including financial accounting, management accounting, sharia accounting, behavioral accounting, auditing, taxation and ...