Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini semakin ketat. Bertambahnya perusahaan-perusahaan dengan berbagai produk atau jasa yang ditawarkan menyebabkan perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan cara menerapkan strategi berasing. Strategi bersaing yang digunakan sangat menentukan keberhasilan pencapaian target yang diinginkan oleh perusahaan. Pendampingan strategi bersaing ini dilakukan pada UMKM Esbas Toy’s untuk mengetahui strategi bersaing pada UMKM tersebut serta merumuskan strategi bersaing alternartif yang dapat digunakan. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah analisis porter’s five forces. Keabsahan data dari kegiatan ini diuji menggunakan triangulasi data atau menggali kebenaran informai tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data, pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil pendampingan ini menunjukkan beberapa strategi bersaing yang tepat digunakan oleh UMKM Esbas Toy’s dalam menghadapi persaingan pada industri yang memproduksi boneka. Strategi bersaing alternatif dari strategi generik juga dirumuskan untuk mengoptimalkan strategi bersaing (Porter’s five forces) yang sedang diterapkan UMKM.
Copyrights © 2022