Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran dan SDM
Vol. 4 No. 2 (2023)

Pengaruh Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian E-Paper Bisnis Indonesia dengan Karakteristik Konsumen sebagai Variabel Intervening

Herdiyan Herdiyan (universitas muhammadiyah palembang)
Diah Isnaini Asiati (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Trisniarty Adjeng Moelyatie (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia dengan karakteristik konsumen sebagai variabel intervening. Objek dalam penelitian ini adalah pelanggan e-paper Bisnis Indonesia di 10 kota. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan jenis data primer yang diperoleh dari hasil jawaban kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM) dengan software Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan produk terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia, ada pengaruh positif dan signifikan budaya terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia, ada pengaruh positif dan signifikan sosial terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia, ada pengaruh positif dan tidak signifikan pribadi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia, ada pengaruh positif dan tidak signifikan psikologis terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia, ada pengaruh positif dan signifikan produk terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui budaya sebagai variabel intervening, ada pengaruh positif dan signifikan produk terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui sosial sebagai variabel intervening, ada pengaruh positif dan signifikan produk terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui pribadi sebagai variabel intervening, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui budaya sebagai variabel intervening, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui sosial sebagai variabel intervening, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui sosial sebagai variabel intervening, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian e-paper Bisnis Indonesia melalui psikologis sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnmpsdm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM (JNMPSDM) is an Indonesian peer-reviewed journal. JNMPSDM covers topics in the areas of human resource management, marketing, organisational behaviour, pricing, digital marketing, social marketing, consumer behaviour, and other related subjects. JNMPSDM is ...