Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT)
Vol 3 No 1 (Februari 2023). Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT)

Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Seluma

Alfiola Eka Putri (Unknown)
Yeka Hendriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Penggunaan E-Modul berbasis Augmented Reality untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sangat membantu dalam proses pembelajaran yang banyak menggunakan alat-alat pratikum. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul berbasis Augmented Reality yang menarik dan inovatif untuk membantu meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dapat menggabungkan antara materi dan 3D modelling di dalamnya menggunakan software Unity agar bisa mudah diakses dan diunduh oleh peserta didik dan guru jika ingin menggunakan teknologi ARnya. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Pengembangan E-modul berbasis Augmented Reality dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya : analisis, desain/perancangan, pengembangan dan uji validasi. Pada tahap analisis dilaksanakan beberapa analisis diantaranya yaitu analisis sistem berjalan, analisis masalah dan solusi, analisis sistem yang diusulkan, analisis kebutuhan sistem, analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis materi. Selanjutnya dilaksanakan tahap perancangan yaitu perancangan E-Modul dan perancangan aplikasi Augmented Reality. Dalam pengembangan E-Modul menggunakan software Kvisoft flipbook maker dan untuk pembuatan aplikasi Augmented Realitynya menggunakan software unity, blender untuk membuat 3D modeling dan dalam manajemen databasenya menggunakan vuforia. Uji validasi ahli materi dilakukan oleh guru yang mengampu mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada SMK Negeri 3 Seluma dan untuk uji validasi ahli media dilakukan oleh salah satu dosen yang ahli dalam hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersedianya E-modul dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan antara materi dan 3D modelling di dalamnya menggunakan software Unity dengan kategori layak dan tanpa melakukan revisi yang terlalu banyak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

javit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT) merupakan jurnal berskala nasional yang berfokus pada publikasi penelitian dalam bidang pendidikan vokasi informatika. Semua artikel yang masuk ke JAVIT harus melalui proses peer-review yang cepat namun komprehensif yang ditangani oleh editorial yang professional. ...