Window of Public Health Journal
Vol. 4 No. 2 (2023)

Hubungan Asupan Antioksidan Zinc Dengan Kejadian Kegemukan Pada Remaja Putri Di Kabupaten Majene

Ummi Kalsum Nurais (Peminatan Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia)
Sitti Patimah (Peminatan Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia)
Muhammad Ikhtiar (Peminatan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia)
Andi Surahman Batara (Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia)
Fairus Prihatin Idris (Peminatan Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Kegemukan merupakan suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang menurunkan harapan hidup dan meningkatkan masalah kesehatan (Kemenkes, 2021). Berdasarkan data, prevalensi angka kegemukan remaja putri di Kabupaten Majene yaitu berada pada presentase 16,4% terdiri dari overweight sebanyak 14,2% dan obesitas 2,2% (Patimah et al., 2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi antioksidan zinc terhadap kegemukan remaja putri di Kabupaten Majene tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif deskriptif menggunakan desain pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Majene yang berjumlah 148 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan total sampling dimana semua populasi dijadikan sampel. Metode analisis data menggunakan analisis uji bivariat dengan uji chi-square. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada hubungan antara asupan antioksidan zinc dengan kejadian kegemukan yaitu dengan nilai p=0,750 dimana p>α (0,05) pada remaja putri di SMA Negeri 1 Majene. Diharapkan pada penelitian selanjutnya, dapat mengkaji lebih mendalam lagi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kegemukan remaja putri di SMA Negeri 1 Majene.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

woph

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Window of Public Health Journal merupakan jurnal kesehatan masyarakat yang mempublikasi karya ilmiah di bidang kesehatan masyarakat, yaitu penelitian di bidang epidemiologi, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, kesehatan reproduksi, gizi masyarakat, administrasi dan kebijakan kesehatan, manajemen ...