INTEKNA
Vol 12, No 2 (2012)

PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERLANGGANAN SURAT KABAR HARIAN RADAR BANJARMASIN

., Rofi’i ( Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar penga-ruh pengembangan produk  yang meliputi variabel kualitas isi berita, jumlah halaman, harga, pelayanan dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan kon-sumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin. (2) Untuk mengeta-hui dan menganalisis variabel pengembangan produk yang berupa kualitas isi berita, jumlah halaman, harga, pelayanan dan promosi yang berpengaruh paling dominan terha-dap keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif, populasi dalam pene-litian ini adalah pelanggan surat kabar harian Radar Banjarmasin sampai bulan Oktober berjumlah 1.354 orang dan diambil sampelnya dengan menggunakan teknik Non Pro-bability Sampling dengan ukuran sampel sebesar 100 orang, sedangkan metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi bergandaHasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengembangan produk secara simultan berpengaruh sebesar 70,03 % terhadap keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin, secara parsial  kualitas isi berita 18,3 %, jumlah halam-an 30,6 %, harga 54,2 %, pelayanan 32,8 % dan promosi 10 % berpengaruh positif ter-hadap keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin. Harga merupakan variabel pengembangan produk yang memiliki kontribusi paling besar terhadap keputusan konsumen dalam berlangganan koran. Faktor harga ini menjadi fak-tor yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin.

Copyrights © 2012