JURNAL PIJAR
Vol 4, No 1 (2009)

PENGEMBANGAN PERANGKAT STRATEGI BELAJAR MAPPING MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION

Makhrus, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2009

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan model four-D dan juga termasuk penelitian penjelasan dengan metode eksperimen. Perangkat yang dikembangkan meliputi: Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berupa LKS Eksperimen dan LKS Panduan Belajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kisi-kisi dan Lembar Tes Hasil Belajar (THB) Produk. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil pengamatan dan analisis data diperoleh temuan antara lain, kemampuan siswa dalam melakukan strategi belajar mapping adalah baik, serta siswa senang dan berminat terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar mapping. Proses belajar mengajar yang menerapkan perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan proporsi jawaban benar siswa untuk THB Produk sebesar 57 %  dan dari hasil analisis statistik uji-t, diperoleh bahwa hasil belajar produk siswa yang diajar melalui startegi belajar mapping dengan model pengajaran langsung adalah lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran yang biasa dilakukan disekolah dengan metode ceramah, tanya jawab, eksperimen, dan pemberian tugas.Kata kunci: strategi belajar, mapping, direct instruction

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

PIJAR

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Merupakan jurnal dengan akses terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram, memuat artikel ilmiah baik berupa: 1. HASIL PENELITIAN. 2. LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT,3. KAJIAN PUSTAKA.Terbit setiap 6 bulan sekali (Maret dan September), mencakup ...