JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 3 (2022)

Menjelajahi Museum Kartini pada Bahan Ajar Materi Bangun Datar Segi Empat

Cici Rayagura Rahmatillah (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Nisa Farah Maulida (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Musdalifah Asti Nur Isnaini (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Tri Mega Utami (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Laelatul Maghfiroh (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)
Adi Satrio Ardiansyah (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan bahan ajar yang kurang kontekstual, sehingga dibutuhkan bahan ajar kontekstual yang disajikan secara menarik. Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan etnomatematika ke dalam bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika pada Museum Kartini untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun datar segi empat. Metode yang digunakan merupakan modifikasi dari model 4D menjadi tiga tahap saja, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Bahan ajar ini divalidasi oleh dua ahli dan dua praktisi untuk peninjauan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Uji coba pengembangan produk ditujukan kepada tiga siswa SMP kelas VII, VIII, dan IX sebagai sasaran pengguna bahan ajar dan lima mahasiswa sesuai kriteria sebagai pengamat atas keterbacaan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak, mudah dipahami, dan mendapat respons yang sangat baik dari siswa. Dengan demikian, produk ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika.Kata kunci: Bahan Ajar, Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa, Museum Kartini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...