JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 2 (2019): EDISI SEPTEMBER

Efektivitas Model Pembelajaran Reflective dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Hawa Liberna (Program Studi Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Program Studi Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kreativitas matematis siswa dalam pembelajaran reflective model. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel 40 siswa MTS. Kreativitas matematis siswa diukur melalui soal tes yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda dan 8 soal essay, dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil menunjukan bahwa kreativitas matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran reflective lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (jigsaw). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reflective efektif.Kata Kunci: Model Pembelajaran reflective, kreativitas matematika siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...