Abstrak. Matematika memiliki peranan yang penting dalam memajukan pendidikan. Kemampuan memecahkan masalah dapat mendukung kemajuan tersebut dalam matematika. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa kelas X dalam memecahkan masalah logaritma berdasarkan taksonomi Structure of Observed Learning Outcome (SOLO) yang ditinjau dari aspek kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis kesalahan pada penelitian ini ditinjau dari tiga aspek kesalahan yaitu: (1) Kesalahan Konseptual; (2) Kesalahan Prosedural; dan (3) Kesalahan Teknik. Bentuk pengambilan data yaitu dengan pemberian soal tes tentang logaritma dan pemberian angket kemandirian belajar. Hasil menunjukkan bahwa persentase terbesar yaitu pada tingkat Relational dengan tipe kemandirian cukup mandiri. Dari sampel yang telah diteliti, kemampuan menyelesaikan masalah logaritma perlu ditingkatkan.Kata Kunci: Analisis kesalahan, Kemandirian Belajar, Taksonomi SOLO.
Copyrights © 2021