JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 3 (2022)

Proses Berpikir Reflektif Siswa Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Taksonomi SOLO

Fitriani Fitriani (Magister Pendidikan Matematika, Universitas Lampung)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Magister Pendidikan Matematika, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Siswa sering merasa kesulitan dalammenyelesaikan masalah matematika soal cerita. Pemecahan masalah bangun ruang sisi lengkung memerlukan proses berpikir tingkat tinggi karena dibutuhkan analisis dan pemahaman konsep yang tidak hanya terfokus pada hafalan rumus. Salah satu upaya mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa yaitu menggunakan kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mereduksi data; (2) menyajikan data, dan (3) menarik kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ada tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Subjek dipilih dengan teknik purposive sample. Berdasarkan analisis berpikir reflektif diperoleh tiga kelompok siswa yaitu: (1) siswa kelompok atas; (2) siswa kelompok tengah; dan (3) siswa kelompok bawah. Hasil menunjukkan kelompok atas dapat melakukan proses berpikir reflektif pada semua tahapan pemecahan masalah dan memenuhi level relational dan extended abstrak taksonomi SOLO. Kelompok tengah dapat melakukan proses berpikir reflektif sampai tahap Elaborating dan sampai pada level relational. Kelompok bawah hanya memenuhi fase Reacting dalam proses berpikir reflektif dan hanya sampai level prestuctural.Kata Kunci: Proses Berpikir, Reflektif, Taksonomi SOLO.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...