JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 2 (2021)

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning

Sarwo Edi (Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Penetahuan Alam-Universitas Negeri Yogyakarta)
Raden Rosnawati (Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Penetahuan Alam-Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak. Perangkat pembelajaran dirancang untuk memberikan arah pada pelaksanaan pembelajaran guna mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning berorientasi pada kemampuan berpikir kritis pada materi analitik lingkaran yang memiliki kualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMA Negeri 1 Tempel dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MIPA 2. Penelitian ini menghasilkan RPP dan LKPD berbasis discovery learning berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. RPP memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,94 dari skor maksimal 5,00. LKPD memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,67 berdasarkan aspek materi dan skor rata-rata 4 berdasarkan aspek media dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 4,4 untuk angket respon peserta didik dari skor maksimal 5,00 dan presentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100%. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan persentase ketuntasan tes kemampuan berpikir kritis sebesar 65% dan  hasil uji t satu sampel.Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Perangkat Pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...