Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian eksperimen dengan desain posttest only control grup. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Wathoniyah 08 Jakarta. Pengambilan sampel penelitian berdasar pada populasi terjangkau dengan teknik multistage sampling, diperoleh dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara inferensial dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran ARIAS berbantuan etnomatematika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII.Kata Kunci: Pembelajaran ARIAS, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Copyrights © 2020