JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 1 (2021)

Inovasi Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Ucu Rosmiati (Universitas Siliwangi)
Puji Lestari (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Adanya pandemi Covid-19 ini mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah secara daring. Hal ini mengharuskan pendidik untuk melakukan inovasi yang dapat membuat peserta didik termotivasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Mengkombinasikan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis whatsapp menjadi salah satu pilihan bentuk inovasi pembelajaran selama daring. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil implementasi model pembelajaran PBIberbasis whatsapp dan mendeskripsikan sikap peserta didik terhadap model tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Respon peserta didik terhadap inovasi pembelajaran ini cukup baik. Hal ini karena implementasi model pembelajaran PBI yang dikombinasikan dengan media whatsapp merupakan sesuatu yang baru dan cukup menarik bagi peserta didik.Hasil angket pada penelitian ini menunjukkan interpretasi baik,sehingga model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis whatsap ini layak digunakan sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19.Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Model Pembelajaran PBI, Whatsapp.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...