JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 1 (2021)

Model Advance organizer dengan Pendekatan Humanistik: Upaya Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa SMK pada Materi Program Linear

Suwandi Suwandi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Cirebon)
Endah Budiastuti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Cirebon)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar. Perangkat yang efektif mampu menumbuhkan motivasi dan keaktifan siswa dalam belajar sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran model advance organizer menggunakan pendekatan humanistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman relasional menggunakan alat yang efektif dan sederhana pada materi program linier Kelas X, desain pengembangan mengacu pengembangan yang di sampaikan Plomp yang dimodifikasi.Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh perangkat yang valid, implementasi pembelajaran praktis dan hasil uji coba diperoleh pembelajaran yang efektif, maka tujuan pengembangan perangkat tercapai.Kata Kunci: Advance organizer, Pendekatan Humanistik, Pemahaman Relasional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...