JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 2, No 1 (2018): EDISI MARET

Visualisasi Geometris Aplikasi Integral: Studi Penggunaan Software Autograph Dalam Pembelajaran Matematika Teknik

Saiful Ghozi (Politeknik Negeri Balikpapan)
Hilmansyah Hilmansyah (Politeknik Negeri Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Abstrak. Berbagai software telah tersedia secara khusus yang didesain untuk kelas pembelajaran matematika dengan berbagai pendekatan, yakni pendekatan alajabar geometris, maupun pendekatan visual. Aplikasi tersebut diantaranya : MapelTM, MupadTM, CABRI, Geogebra, dan AutographTM. Dalam makalah ini akan dibahas potensi penggunaan software AutographTM dalam rangka visualisasi geometris topik aplikasi Integral dalam matakuliah matematika teknik. Telah dikembangkan materi pembelajaran berbantuan Autograph pada materi aplikasi integral. Materi yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator sesuai capaian pembelajaran yang ditetapkan. Ujicoba dilakukan dengan desain One Shot Experimental Design untuk menguji efektifitas materi yang dikembangkan. Materi ajar yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan kemampuan visual mahasiswa teknik elektro dalam topik aplikasi integral.   Kata Kunci. Autograph, Visualisasi Geometris, Matematika Teknik Abstract. Several software specially purposed for mathematics learning has been available. The software was designed in geometric algebraic approach , and visual approach, namely   MapelTM, MupadTM, CABRI, Geogebra, dan AutographTM. In this paper, utilization of  AutographTM  will be discussed to visualize the application of  integral in technical mathematics course. The material developed is validly validated by the validator according to the learning achievement set. Experiments were conducted with a one-shot experimental design to test the effectiveness of the developed material. The developed teaching materials proved to be effective in improving students' visual abilities in the topic of integral applications.Keyword. Autograph, Geometric Visualization, Mathematics for Engineering

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...