JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 1 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Statistika SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline

Hastri Rosiyanti (Progam Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Tarisha Farahdiba (Progam Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Abstrak. Rendahnya motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran daring menyebabkan kesulitan guru dalam mengajar statistika. Untuk mendukung dalam proses pembelajaran statistika, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis articulate storyline dengan harapan media ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan teori pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner dengan skala likert yang diberikan kepada validator dan pengguna dan uraian yang diberikan hanya kepada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media BATIK sangat valid dari hasil perhitungan rata rata skor oleh ahli media 97%, ahli materi dengan rata – rata skor 96%, dan ahli bahasa dengan rata – rata skor 96%. Penelitian ini di uji coba di salah satu SMA swasta di Jakarta dengan sasaran siswa dan guru kelas XII IPA. Pada tahap implementation, peneliti melakukan uji coba ke 4 siswa dan 1 guru dengan rata–rata skor pada penilaian siswa diperoleh 79,89% dengan kategori praktis. Pada tahap evaluation, peneliti melakukan uji coba ke 23 siswa dan 1 guru dengan rata–rata skor pada penilaian guru diperoleh 91,31% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran BATIK dapat diterapkan pada pembelajaran statistika dan diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak–pihak terkait.Kata Kunci: Media pembelajaran, Statistika, ADDIE.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...