JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 3 (2022)

Pertumbuhan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dengan Model Problem-Based Learning melalui STEM

Maydilla Fadiarahma Vistara (Universitas Negeri Semarang)
Kristina Wijayanti (Universitas Negeri Semarang)
Rochmad Rochmad (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Berpikir kreatif matematis perlu ditumbuhkan pada siswa, berpikir kreatif matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pertumbuhan kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran PBL melalui STEM; 2) mendeskipsikan kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran melalui STEM. Metode yang digunakan adalah metode campuran menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan populasi penelitian siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Semarang, dengan sampel sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data kuantitatif melalui tes dan analisis data menggunakan uji-t, uji proporsi dan N-Gain. Secara kualitatif ditentukan tiga subjek penelitian. Pengumpulan data kualitatif dengan dokumentasi dan wawancara yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini: 1) model PBL melalui STEM dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; 2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan PBL melalui STEM dari ketiga subjek, Cenderung memenuhi indikator fluency, cenderung tidak terpenuhi indikator Flexibility. memenuhi indikator Originality dan cenderung memenuhi indikator Elaboration.Kata Kunci: Berpikir kreatif matematis, PBL, STEM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...