JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2019): Edisi Maret

Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Heris Hendriana (Institut Keguruan dan Illmu Pendidikan Siliwangi)
Gida Kadarisma (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMP.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah SMPN 41 Bandung, Sampel dipilih secara acak diperoleh kelas IX dalam satu kelas di SMPN 41 Bandung sebanyak  30 siswa. Pengumpulan data penelitian, siswa diberi 2 buah instrumen penelitian yaitu instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes berupa 7 buah soal uraian kemampuan komunikasi matematis, sedangkan instrumen non tes berupa angket Self-efficacy yang terdiri dari penyataan positif dan pernyataan negatif. Data tersebut diuji regresi dan korelasinya. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa Self-efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP, dengan persamaan regresi Y = 0,347X – 10,255 menunjukkan pengaruh yang positif, serta tingkat keeratan yaitu koefisien korelasi pearson sebesar 0,776  tergolong dalam interpretasi kuat positif. Rekomendasi dari penelitian ini, guru sebaiknya merancang proses pembelajaran yang dapat meningkatkan self-efficacy siswa agar kemampuan komunikasi siswa semakin meningkat. Kata Kunci. Komunikasi Matematis, Self-Efficacy 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...