JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 1 (2023)

Systematic Literature Review: Adversity Quotient pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Polya

Eki Sutisna (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang cara siswa menyelesaikan masalah ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, rendah pada Adversity Quotient (AQ) berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut Polya, yaitu: memahami masalah (understanding the problem); menyusun rencana penyelesaian (devising a plan); menyelesaikan masalah sesuai rencana (carrying out the plan); memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh (looking back). Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: develop research questions; selection criteria; developing the search strategy; the study selection process; coding studies; appraising the quality studies; dan synthesis result. Dari hasil pencarian, diperoleh 15 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah atau quitter jika ditinjau dari AQ memiliki kesamaan dalam menyelesaikan masalah, mereka belum mampu mengikuti langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya. Mereka masih kesulitan dalam memahami masalah yang dihadapi. Untuk siswa berkemampuan sedang, atau jika ditinjau berdasarkan AQ yaitu  camper, sudah mampu mengikuti sebagian langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya walaupun belum sempurna.  Hal tersebut berkaitan dengan karakteristik camper yang cepat merasa puas dengan hasil yang diperoleh. Berbeda dengan siswa berkemampuan tinggi, atau bisa disebut juga dengan climber, mereka sudah mampu mengikuti langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya. Hal yang menjadi perhatian adalah ketelitian.Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Matematika, Polya, Adversity Quotient (AQ).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...