JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 2 (2021)

Konstruksi Instrumen Penelitian Dimensi Konseptual Persepsi Calon Guru Matematika

Muhammad Irfan Rumasoreng (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nanang Khuzaini (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Dafid Slamet Setiana (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak. Tujuan  artikel ini adalah menyajikan proses validasi konstruk kuesioner persepsi calon guru matematika untuk mengukur dimensi konseptual persepsi calon guru matematika terhadap matematika. Item kusioner dianalisis dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) berbantuan software lisrel 8,50 untuk membuktikan validitas konstruknya. Respon butir menggunakan software winstep diperoleh dari 66 responden. Sub dimensi terdiri dari menerima atau menyerap matematika (MR), memahami atau mengerti matematika (MH), dan  menilai matematika (MN). Faktor loading sub dimensi dari 0,49 sampai 0,97 dan faktor loading indikator dari 0,58 sampai 1,52, dan nilai alpha cronbachs 0,78 menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel.Kata Kunci: Konstruksi Instrumen, Persepsi Guru Matematika. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...