JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 2 (2022)

Pengembangan LKS Berbasis Model Planning Monitoring Evaluating (PME) pada Materi Program Linear

Rafika Putri (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Granita Granita (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Abstrak. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA PGRI Pekanbaru, ditemukan bahwa pembelajaran matematika hanya menggunakan modul berupa potongan materi dan lembar latihan soal. Dengan adanya pandemi Covid-19, pembelajaran dilaksanakan dari rumah menggunakan google classroom. Terlihat bahwa banyak siswa yang tidak mengumpulkan lembar latihan soalnya. Maka perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang menarik dan membantu meningkatkan hasil belajar siswa dengan belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis model Planning Monitoring Evaluating (PME) yang memenuhi kriteria valid dan praktis pada materi program linear. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI Pekanbaru, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika, dan calon doktor pendidikan matematika sebagai validator LKS. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model Planning Monitoring Evaluating (PME) pada materi program linear. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif terhadap instrumen angket validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, sehingga LKS berkualitas baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi program linear.Kata Kunci: LKS, Model Planning Monitoring Evaluating (PME), Program Linear 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...