JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 2 (2019): EDISI SEPTEMBER

Think-Talk-Write: Strategi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Gusri Yadrika (Mahasiswa PascaSarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Keefektifan suatu strategi pembelajaran yang dilakukan dalam proses belajar mengajar merupakan faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi Think-Talk-Write dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Subjek dari penelitian ini yaitu 39 siswa kelas VIII SMP Negeri di Pekanbaru. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 77% dan jumlah siswa yang mencapai KKM juga meningkat sebesar 15,38%. Kata Kunci:  Hasil Belajar, Think-Talk-Write

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...