JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2019): Edisi Maret

Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Indah Lestari (Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI)
Yuan Andinny (Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI)
Mailizar Mailizar (Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Abstrak. Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika, model pembelajaran yang tepat dan kemandirian belajar yang tinggi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran situasion based learning (SBL) dan teams games tournaments (TGT) ditinjau dari kemandirian belajar matematika (tinggi dan rendah). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 180 responden. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran Situation Based Learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Situation Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) terdapat pengaruh kemandirian belajar tehadap kemampuan pemecahan masalah matematis.  Kata Kunci. Situation Based Learning, Kemandirian Belajar, Pemecahan Masalah, Matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...