JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 1 (2021)

Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

Hardi Apriadi (Universits Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Kemajuan teknologi telah mengubah dunia pendidikan dalam mengemas bahan belajar untuk siswa agar lebih efektif, praktis, dan efisien. Bahan belajar yang dikemas dengan format video animasi akan lebih praktis dan membuat matematika yang bersifat abstrak akan dapat digambarkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi matematika dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X jenjang SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe media pembelajaran dalam bentuk video animasi matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi perbandingan trigonometri yang dikemas dalam sebuah aplikasi android yang telah melalui validasi media dan materi pembelajaran oleh ahli. Temuan ujicoba menunjukkan sebagian siswa mendapat hasil tes diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan persepsi siswa terhadap produk menunjukkan layak untuk digunakan.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...