JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 1 (2022)

Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP

Febiyana Saputri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Muhammad Win Afgani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Harisman Nizar (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Abstrak. Bahan ajar yang interaktif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Salah satu materi pada pembelajaran matematika yang memerlukan bahan ajar interaktif adalah bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis komputer pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan Development Research dengan dua tahapan, yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dan angket kepraktisan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP . Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbasis komputer pada materi bangun ruang sisi datar yang tergolong valid berdasarkan lembar validasi dan komentar ahli. Validator menyimpulkan bahwa bahan ajar yang di kembangkan ini telah baik dari segi konten, desain, kualitas teknis dan menyatakan layak untuk diujicobakan. Sedangkan kepraktisan dari bahan ajar dinilai dari hasil angket respon siswa dan wawancara pada tahap one-to-one dan small group. Siswa menyatakan bahwa bahan ajar mudah digunakan,  membantu siswa menguasai materi bangun ruang sisi datar,  dan  tertarik untuk menggunakan bahan ajar berbasis komputer.Kata Kunci: Bahan Ajar, Penelitian Pengembangan, Bangun Ruang Sisi Datar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...