JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 2, No 1 (2018): EDISI MARET

Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Matematika Kelas X SMA Dengan Penerapan Variasi Model Pembelajaran Kooperatif

Tetty Natalia Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Sinta Dameria Simanjuntak (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) validitas Lembar Aktivitas Siswa (LAS) matematika kelas X SMA yang dikembangkan dengan penerapan variasi model pembelajaran kooperatif; (2) efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Lembar Aktivitas Siswa  matematika dengan menerapkan variasi model pembelajaran kooperatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Aktivitas Siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Lembar Aktivitas Siswa matematika kelas X SMA yang dikembangkan adalah valid dengan skor rata-rata dari validator adalah 4,56 atau 91,2%. Dikatakan valid artinya layak digunakan atau dipakai dalam pembelajaran matematika; (2) Pembelajaran dengan menggunakan Lembar Aktivitas Siswa matematika dengan menerapkan variasi model pembelajaran kooperatif adalah efektif. Hal tersebut dianalisis berdasarkan observasi aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan menerapkan variasi model pembelajaran kooperatif yaitu tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS), dan Jigsaw pada kelas eksperimen. Sementara siswa pada kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan menerapkan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif   Abstract. The objectives of the research are: (1) The validity of student’s Mathematic worksheet for tenth grade of senior high school using various cooperative leaning models; (2) The learning effectiveness of student’s Mathematic worksheet sheet using various cooperative learning. The method used is research and development that develops students’ Mathematic worksheet as teaching media. The research findings are as follows: (1) Senior high school students’ worksheet is valid with the average score 4.56 or 91.2%. It means the students’ worksheet can be used in Mathematic learning; (2) Learning using students’ Mathematic worksheet with various cooperative learning models is effective. It can be analysed based on the students’ work observation, teacher’s skills in managing the class, and the students’ achievement in experiment class and control class. The students are treated by using students’ worksheet and applying various cooperative learning models, those are Student Teams Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS), and Jigsaw in experiment class. In contradictory, the students in control class experienced learning without using students’ worksheet and they got conventional learning. Keywords: Students’ Worksheet, Various Cooperative Learning Models.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...