JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 1 (2023)

Desain Didaktis Pembelajaran Matematika untuk Mengatasi Learning Obstacles Siswa SMP dalam Mempelajari Materi Aljabar

Lia Ardiansari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didi Suryadi (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Dadan Dasari (Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SMP yang mengalami hambatan belajar (learning obstacle) pada saat mempelajari aljabar. Penelitian desain didaktis (didactial design research) digunakan dalam penelitian ini yang diawali dengan studi pendahuluan untuk mendapatkan data learning obstacle di enam kelas pada tiga SMP dengan kluster yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu desain pembelajaran yang diharapkan dapat meminimalkan learning obstacles yang ditemukan. Terdapat tiga kategori learning obstacle yang ditemukan yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle sebelum bahan ajar dibuat. Desain didaktis yang ditawarkan berdasarkan hasil studi pendahuluan tersebut disusun dengan tahapan dimulai dari pemberian konsep awal secara aritmatika, trajectory (penghubung) yaitu tahap pra-aljabar, kemudian konsep akhir aljabar secara formal. Hasil dari penelitian ini merupakan hasil uji coba terbatas kepada 28 siswa kelas VII SMP dimana siswa memberikan tanggapan positif terhadap desain didaktis yang dikembangkan.Kata Kunci: Aljabar, Penelitian Desain Didaktis, Hambatan Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...