JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 4, No 2 (2020): EDISI SEPTEMBER

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis

Komang Ayu Nadya Suhita Lestari (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
Gusti Ayu Mahayukti (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
Ni Made Sri Mertasari (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada materi Fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas meliputi tiga siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri di Singaraja yang berjumlah 37 orang. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keaktifan belajar. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I, rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 58,78; pada siklus II sebesar 69,05; dan pada siklus III sebesar 76,82. Keaktifan belajar juga mengalami peningkatan, persentase pada siklus I sebesar 52,87% dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 65,26% dengan kriteria baik, dan siklus III sebesar 78,38% dengan kriteria baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran MEA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa.Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar, Means-Ends Analysis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...