JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2019): Edisi Maret

Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning

Artisa Indariani (Universitas Swadaya Gunung Djati)
Nur Ayni (Universitas Swadaya Gunung Djati)
Surya Amami Pramuditya (Universitas Swadaya Gunung Djati, (amamisurya@fkip-unswagati.ac.id), Cirebon)
Muchamad Subali Noto (Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Abstrak. Kecenderungan di sekolah, bahan ajar yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional dan kurang inovatif serta membuat peserta didik tidak mandiri tanpa adanya guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk medesain bahan ajar digital dengan tampilan tiga dimensi (3D) yang terfokus pada salah satu materi pelajaran matematika. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil subjek sebanyak tujuh siswa dari dua sekolah menengah. Hasil menunjukan bahwa bahan ajar digital ini berpotensi untuk membuat siswa agar lebih mandiri dalam belajar matematika serta dapat digunakan dimanapun dan kapanpun mereka berada sehingga mendukung distance learning. Kata kunci: Buku digital 3D, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...