JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 1 (2021)

Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Aljabar

Radiusman Radiusman (Universitas Mataram)
Maslina Simanjuntak (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian studi kasus deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan konstruksi berpikir mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pembuktian aljabar. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa calon guru sekolah dasar yang berada pada semester 2 dengan jumlah 36 mahasiswa calon guru sekolah dasar yang terdiri dari 4 mahasiswa laki-laki dan 32 mahasiswa perempuan dengan sebaran umur 17 sampai 19 tahun dan kemudian dipilih subjek penelitian sebanyak 3 mahasiswa calon guru  dengan kemampuan akademik sedang. Proses analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil jawaban calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pembuktian aljabar. Penyajian data dilakukan dengan menganalisis kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal pembuktian aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan tiga jenis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan pembuktian, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedural dan kesalahan perhitungan. Kesalahan konsep terletak pada kegiatan operasi bilangan, kesalahan prosedural terletak pada ketidakterkaitan antara langkah-langkah yang dituliskan pada lembar jawaban serta kesalahan perhitungan terletak pada perhitungan dari setiap operasi pecahan dan ketidaksesuain antara jawaban dengan permasalahan yang diberikan.Kata Kunci: Analisis kesalahan, Pembuktian, Aljabar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...