JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
Vol 1, No 2 (2017): EDISI SEPTEMBER

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran

Rahmi Fitri (UNP)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2017

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas peserta didik yang  masih rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika tersebut disebabkan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas peserta didik. Proses pembelajaran belum mendukung aktivitas peserta didik serta belum mampu membantu peserta didik untuk membangun dan mengembangkan pengetahuannya dalam menemukan sendiri prinsip/prosedur matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses pengembangan dan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas peserta didik kelas XI SMA. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Model  pengembangan Plomp ini terdiri atas tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan prototipe dan fase penilaian. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh RPP dan LKPD matematika berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas XI SMA yang valid, praktis dan efektif.Kata Kunci. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Konstruktivisme, Pemahaman KonsepAbstract. This research was begin from the students’ ability of understanding the concept of mathematics was still low. The lack of students’ understanding of the concept of mathematics caused the learning equipment  to support students’ understanding of the mathematics concept and their activities was not available yet. The learning process did not support the student’s activities yet and not able to help the students to built and develop their knowledge to find the prinsiple/procedure of mathematics by theirself. The objective of this research was to reveal the process of the development lesson plan and students’ worksheet based on the valid, practical and effective constructivism approachment in improving the students’ ability to understanding the concept of mathematics and their activities in eleventh grade of senior high school. This research was using Plomp model development. The model development of Plomp consist of three phase namely initial investigation phase, development prototype phase and assessment phase. Based on the  development had done, the research obtained that lesson plan and students’ worksheet based on the valid, practical and effective constructivism approachment to eleventh grade of senior high school.Keyword. Lesson Plan, Students’ Worksheet, Constructivism Approachment, Understanding of Concept.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JNPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah ...